Selasa, 23 Desember 2014

Bisnis Sewa Studio Musik

Semakin berkembangnya zaman jenis usaha atau bisnis pun semakin berkembang. Saat ini jenis bisnis sudah sangat bervariasi dan tugas Anda adalah tinggal memilih dan menentukan bisnis mana yang paling Anda minati dan sanggup untuk Anda jalankan. Biasanya orang juga cenderung menyesuaikan zaman dan lingkungan untuk menjalankan sebuah bisnis baru. Tidak jarang ada orang yang hanya ikut-ikutan tren saja padahal belum tentu bisnis yang diikutinya tersebut sesuai dengan kemampuannya. Maka tak heran jika banyak para pebisnis baru yang gagal di awal atau di tengah-tengah. Salah satu bisnis yang mungkin menarik dan tidak terlalu banyak saingannya adalah bisnis atau usaha sewa studio musik.

 Bisnis Studio Musik

Saat ini banyak sekali bakat-bakat musisi muda namun mereka kesulitan untuk mencari tempat berlatih. Apalagi di daerah yang cukup jauh dari perkotaan. Biasanya usaha studio musik ini masih cukup jarang dan sangat sedikit saingannya. Memang bisnis studio musik ini tidak seperti bisnis kuliner yang akan terus dicari oleh semua orang. Tetapi para pencinta musik ataupun para musisi pasti akan selalu mencari studio musik untuk melakukan latihan. Apalagi jika studio musik yang Anda buat tersebut memiliki faktor yang membuat para pelanggan tertarik dan selalu ingin datang ke studio musik milik Anda.

Sulitkah menjalankan bisnis studio musik di masyarakat?

Jika dibilang sulit tidak juga, tetapi jika dibilang tidak sulit, ternyata sulit juga. Faktor utama yang sering menjadi kendala mungkin adalah Anda butuh modal yang cukup besar, terutama untuk membeli peralatan musik dan membuat ruangannya. Namun mungkin Anda bisa menekan modal awal tersebut dengan sebuah strategi. 

Misal saja di rumah Anda masih memiliki ruangan kosong yang sepertinya sangat cocok dijadikan studio musik. Modifikasilah ruangan tersebut  menjadi sebuah studio musik yang kedap suara. Setelah itu cobalah cari teman atau orang yang mau diajak bekerja sama. Carilah orang yang memiliki peralatan musik berkualitas, namun jarang dipakai. Mintalah mereka untuk menyewakan peralatan musik mereka. Dan tugas Anda adalah mengambil keuntungan dari sewa alat musik tersebut. Bila perlu buatlah fasilitas lain yang membuat para pelanggan atau pengguna studio Anda menjadi nyaman.

Selalu lakukan pengecekan terhadap kondisi ruangan dan kondisi semua peralatan musik yang Anda sewakan. Dan karena ini adalah bisnis studio musik, alangkah lebih baiknya jika Anda juga memahami tentang musik. Paling tidak Anda bisa bermain gitar dengan lancar dan mengetahui nada atau cara mengatur nada pada senar gitar. Jika Anda adalah orang yang benar-benar awam, sepertinya Anda akan cukup kesulitan. Selanjutnya adalah masalah promosi. Hal ini mungkin bisa dengan mudah Anda lakukan dengan menyebar pamflet atau memasang iklan di media sosial.

Kembali lagi ke masalah modal. Jika Anda tidak memiliki ruangan di rumah Anda, tentunya terpaksa Anda harus menyewa atau membuat ruangan sendiri untuk menjadi studio Anda. Salah satu jalan pintas untuk mendapatkan modal awal adalah meminjam uang. Untuk masalah agunan atau jaminan peminjamannya, Anda gunakan saja BPKB Anda sebagai jaminan. Dengan demikian Anda bisa lebih mudah untuk mengurus dan mendapatkan pinjaman modal. Akan tetapi, carilah pihak peminjam modal yang benar-benar profesional. Jangan sampai Anda apes di akhir, misalnya setelah Anda sudah melunasi pinjaman Anda tetapi BPKB hilang atau tidak bisa diambil, dan sebagainya. So, sekian tips bisnis kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar