Senin, 22 Desember 2014

Menjalankan Bisnis Cafe Modal Minim

Saat ini cafe adalah sebuah tempat nongkrong yang mungkin dianggap cukup nyaman oleh semua kalangan. Bahkan sekarang jumlah cafe terutama di kota-kota besar sudah berkembang pesat. Peminat cafe pun semakin banyak, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Bisnis yang berkutat dalam dunia kuliner sebenarnya sangat menjanjikan, akan tetapi tinggal bagaimana Anda sebagai seorang pemilik bisnis tersebut bisa membuat bisnis tersebut semakin berkembang dan semakin diminati masyarakat. Membuka cafe mungkin menjadi jawabannya. Dibandingkan dengan membuka warung makan, saat ini mungkin membuka tempat makan dengan nama “cafe” sepertinya lebih efektif.

 Bisnis Cafe

Mengapa harus cafe? Semua orang pasti ingin membuka atau memulai usaha dengan modal yang minim dan mendapatkan hasil yang maksimal. Kemudian kebanyakan orang pasti ingin menajalankan usaha yang sifatnya tidak terlalu menguras fisik. Dan yang memenuhi kriteria tersebut adalah cafe. Hal ini mungkin bisa dilihat dari segi makanan yang disediakannya. Cafe cenderung tidak menyediakan jenis makanan-makanan berat yang jika dihitung dari modalnya jelas lebih besar. Alasan itu juga yang membuat cafe lebih hemat tenaga, karena Anda tidak perlu kesulitan dalam menyajikan hidangannya. So, tidak ada salahnya kan berbisnis atau berwirausaha dengan membuka cafe?

Bagaimana cara membuka cafe dengan modal yang minim?

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang tips jitu bagaimana membuka bisnis baru berupa cafe sederhana dengan modal yang bisa dibilang cukup minim. Jika dibandingkan dengan bisnis restoran, tentu bisnis cafe ini memakan biaya yang lebih sedikit. Dan beberapa cara untuk menyiasati membuat cafe diantaranya:

Memanfaatkan Lahan
Jika Anda masih belum mampu menyewa tempat ataupun membangun tempat, cobalah untuk memanfaatkan lahan yang ada. Atau jika Anda ingin membangun cafe Anda sendiri, carilah lahan atau tempat yang benar-benar strategis dan dekat dengan pusat keramaian.

Spesialisasi Menu
Jika Anda ingin terlihat unik, buatlah cafe Anda memiliki menu utama yang menjadi ciri khas cafe Anda dan tidak bisa ditemukan di cafe lain. Atau bila perlu fokuslah pada satu menu utama. Sebuah cafe tidak harus memiliki banyak menu. 

Fasilitas Sederhana
Untuk membuka cafe dengan modal yang tidak besar, berusahalah untuk menggunakan fasilitas yang sederhana saja. Misal Anda bisa membuat cafe lesehan yang tentu akan menghemat biaya pengeluaran Anda.

Memaksimalkan Tenaga Sendiri
Jika Anda masih belum mampu membayar orang, cobalah untuk menanganinya sendiri. Atau minimal Anda mengajak teman Anda untuk bekerja sama dan membantu Anda.

Strategi Marketing
Jika Anda ingin cafe Anda diketahui banyak orang, manfaatkanlah berbagai media promosi yang ada. Mulai dari siaran radio, koran, majalah, atau media sosial di internet.

Nah, jika Anda masih bingung dan kesulitan memikirkan dari mana Anda bisa mendapatkan modal, Anda tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak fasilitas yang bisa memberikan Anda pinjaman modal sesuai dengan kebutuhan Anda. Akan tetapi pada umumnya besar kecilnya pinjaman modal tersebut akan disesuaikan dengan barang apa yang Anda jadikan jaminan. Misalnya surat tanah atau bahkan sertifikat rumah. 

Akan tetapi saat ini sudah ada jalan yang lebih efektif dan mudah, yaitu dengan menjaminkan BPKB kendaraan Anda. Dengan jaminan BPKB Anda tetap akan mendapatkan modal yang lumayan dan bisa untuk menjalankan sebuah bisnis atau usaha baru. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membuat cafe? Semoga informasi tadi bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar