Kamis, 18 Desember 2014

Peluang Bisnis Digital Printing



Di era modern ini sudah semakin berkembang dan semakin banyak jenis-jenis usaha atau bisnis yang bisa dilakukan. Dan saat ini bisnis digital printing mungkin menjadi salahs atu bisnis yang sangat potensial, karena jika dilihat bisnis ini sekarang cukup banyak dicari orang untuk berbagai keperluan. Terutama mungkin untuk menunjang keperluan bisnis lainnya seperti membuat spanduk, pamflet, kartu nama dan sebagainya. Semakin berkembangnya zaman semakin canggih juga alat yang digunakan. Jika dahulu dan sampai sekarang pun kita mengetahui istilah sablon, kini kita telah memulai era digital yang bisa mencetak gambar, warna, tulisan dan sebagainya menggunakan mesin bernama printer.

 Bisnis Digital Printing

Untuk memulai usaha ini memang modalnya tidak kecil. Modal pertama sudah jelas, yaitu kepercayaan diri dan keberanian untuk bersaing dengan pelaku digital printing lainnya. Karena tak bisa dipungkiri saat ini sudah semakin banyak jasa digital printing yang tersebar di berbagai daerah. Modal selanjutnya adalah membeli berbagai perlengkapan yang dibutuhkan. Dan selanjutnya Anda harus menjadikan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama. Namun jika Anda tidak memiliki modal yang besar, ada solusinya.

Bisakah membuka bisnis digital printing dengan modal kecil?

Bisa, ada cara yang mungkin bisa Anda coba jika memang Anda ingin mencoba terjun ke dunia bisnis digital printing tanpa modal yang besar. Pada umumnya untuk menjalankan bisnis digital printing Anda membutuhkan banyak hal. Terutama printer digital yang harganya bisa jauh lebih mahal ketimbang printer pada umumnya. Selain itu Anda juga harus membeli berbagai perlengkapan lainnya mulai dari kertas, perangkat komputer, etalase, dan sebagainya. 

Nah, untuk mencoba menjalankan bisnis digital printing dengan modal yang kecil, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan digital printing lain yang sudah mapan. Jadi Anda seperti bekerja secara freelance. Modal yang Anda butuhkan hanyalah skill atau kemampuan desain grafis, perangkat komputer, dan relasi perusahaan digital printing lain yang sudah lebih mapan.

Nantinya para pelanggan atau konsumen akan memesan kebutuhan mereka kepada Anda. Misalkan saja ada konsumen yang memesan banner. Tugas Anda adalah mendesain banner tersebut sesuai dengan pesanan konsumen, lalu memberikan desainnya kepada pihak perusahaan digital printing yang Anda ajak kerjasama. Lalu biarkan mereka yang mencetaknya. Dari situ Anda akan mendapatkan harga dari pihak pencetaknya, lalu untuk diberikan kepada konsumen Anda tinggal menaikkan harganya. Mudah, kan?

Akan tetapi jika Anda memang ingin mencoba membuka bisnis digital printing sendiri dan benar-benar dengan peralatan Anda sendiri. Anda perlu menyiapkan modal yang tidak sedikit. Darimana cara mendapatkan modalnya? Sebenarnya tidak sulit, saat ini ada pilihan untuk meminjam modal kepada bank atau kepada pihak lain. Salah satu caranya mungkin adalah dengan memberikan jaminan. 

Pada dasarnya besar kecilnya pinjaman yang akan Anda dapatkan terkadang bergantung pada jaminan atau agunan yang Anda berikan. Dan kalau Anda tidak mau ribet, Anda mungkin bisa menjaminkan BPKB kendaraan Anda. Dengan jaminan BPKB kendaraan Anda bisa mendapatkan pinjaman modal yang cukup besar. Nah, lalu Anda bisa mulai membeli perlengkapan yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis digital printing Anda. Akan tetapi tetaplah waspada, jangan sampai setelah Anda melunasi pinjaman modal Anda, BPKB Anda malah tidak dikembalikan dengan berbagai alasan. Sering terjadi hal seperti itu, maka berhati-hatilah.

Sekian artikel tentang bisnis digital printing kali ini. Semoga bisa menginspirasi Anda dan semoga bermanfaat. Terima kasih.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar