Rabu, 24 Desember 2014

Tips Menjalankan Bisnis Warnet

Saat ini dunia internet semakin maju dan berkembang. Keberadaannya pun dibutuhkan oleh hampir semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mulai dari hanya sekadar untuk bermain game online sampai melakukan bisnis online dengan penghasilan yang menjanjikan. Maka dari itu, membuat sebuah bisnis yang ada hubungannya dengan internet sepertinya adalah sebuah pilihan yang patut dicoba. Warnet misalnya, sebuah peluang usaha yang hingga saat ini pasti bisa Anda temukan di mana pun. Apalagi di daerah perkotaan, keberadaan warnet ini seolah sangat penting karena semakin banyak orang yang semakin membutuhkan internet untuk berbagai hal. Misal untuk bermain game, mencari tugas, membaca berita, berbisnis, dan sebagainya.

 Bisnis Warnet

Namun perlu Anda ketahui bahwa warnet dan game online center itu berbeda. Jangan samakan warnet dengan game online center. Mungkin secara kemasan keduanya tidak memiliki perbedaan. Warnet tetap bisa digunakan untuk bermain game dan game online center juga pasti bisa digunakan untuk mencari informasi di internet. Namun keduanya memiliki fungsi utama yang berbeda. Warnet lebih diutamakan untuk “berinternet ria” sedangkan game online center lebih diutamakan untuk bermain game. Dari sisi modal pun warnet jauh lebih murah dibandingkan dengan membuka bisnis atau usaha game online center?

Apa keuntungan membuka usaha warnet saat ini?

Jika berbicara tentang keuntungan sebenarnya relatif, karena tidak jarang ada warnet yang sepi pengunjung karena kalah saing dengan warnet-warnet lain. Harus kita pahami bahwa keberadaan warnet sudah menyebar luas di seluruh wilayah. Namun ada satu keuntungan warnet jika dibandingkan dengan game online center. Yaitu dari segi modal untuk membeli perangkat komputernya. Sebuah warnet tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi yang terlalu tinggi. Berbeda halnya dengan game online center yang memang membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi dan harganya jelas mahal.

Sebuah PC rakitan bahkan bisa Anda beli dengan harga kurang dari 1 juta per unit, ditambah lagi dengan monitor dan perangkat lainnya yang mungkin harganya hanya beberapa ratus ribu saja. Kemudian Anda bisa berlangganan paket internet yang disesuaikan dengan jumlah komputer yang Anda miliki. Nah, agar warnet Anda ramai, buatlah sebuah hal yang menarik perhatian. Misalnya meskipun warnet Anda sederhana, tetapi kecepatannya sangat stabil dan kencang. Dengan demikian orang tidak akan berpikir berulang kali ketika hendak menyewa bilik di warnet Anda. 

Untuk harga sewa per jamnya memang bervariasi, dan jika Anda ingin warnet Anda lebih dilirik oleh para pengguna, cobalah untuk memberikan harga yang sedikit miring ketimbang dengan warnet lainnya. Toh, biasanya tidak ada standarisasi tarif warnet per satu jam. Maka dari itu Anda bisa menarik pelanggan lebih banyak dan bisa cepat balik modal. 

Kembali ke pembahasan modal. Ada satu cara alternatif yang bisa Anda lakukan jika mungkin sampai saat ini Anda masih kesulitan mencari modal usaha. Anda bisa melakukan peminjaman modal di berbagai tempat mulai dari bank atau pihak-pihak lainnya. Dengan menjaminkansurat BPKB kendaraan Anda, sekarang Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman modal dengan nominal yang lumayan. Dengan demikian, BPKB Anda bisa menjadi jaminan untuk Anda membangun usaha baru berupa warnet. Anda bisa menggunakan uangnya untuk menyewa ruangan dan membeli seluruh perlengkapan dan perabotan yang diinginkan. Nah, cukup menarik kan peluang bisnis membuka warnet ini? Selain kerjanya santai, jika warnet Anda ramai keuntungannya juga bisa berlimpah. So, selamat mencoba dan semoga berhasil.